PENGERTIAN DATABASE


Hampir semua orang yang mengenal baca tulis pernah membuat daftar informasi yang berguna bagi dirinya atau bagi orang lain. Seorang anak membuat daftar mainan yang dimilikinya. Seorang ibu membuat daftar belanjanya sebelum ke pasar, begitu juga pedagan memiliki daftar barang dagangannya.

Dalam kelompok yang lebih besar, inforamasi yang perlu dibuat tentu lebih banyak. Sebuah perpustakaan mempunyai sejumlah daftar yang memuat anggota perpustakaan, koleksi buku yang dimiliki, buku-buku yang sedang dipinjam, dan lain sebagainya. Sebuah perusahaan dalam operasionalnya juga membuat daftar pegawai, daftar departemen, daftar gaji, dan seterusnya. Informasi tersebut dikelompokkan berdasarkan klasifikasi tertentu. Bagian-bagian dari informasi inilah yang disebut dengan istilah data.

Dahulu, orang menulis data di atas kertas. Untuk data yang berukuran sangat banyak, menggunakan kertas menjadi tidak efisien karena akan menyita banyak waktu sekaligus rentan terhadap kesalahan. Selain itu, pendistribusian data kepada pihak-pihak yang berkepentingan pasti memerlukan usaha dan waktu yang cukup besar.

Setelah komputer ditemukan, seperti halnya terhadap teknologi lain, orang memanfaatkannya untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya adalah sebagai alat pengelolaan data dan sarana penyimpanan data. Dengan menggunakan komputer, proses pengelolaan dan penyimpanan data menjadi jauh lebih efisien. Walaupun demikian, pencetakan data ke atas kertas berdasarkan data yang tersimpan di dalam komputer tetap perlu dilakukan untuk menghasilkan laporan dan bukti otentik.

Di dalam media penyimpanan komputer, data tersebut disimpan di dalam satu atau sekumpulan file yang disebut dengan istilah database. Struktur penyimpanan data diatur sedemikian rupa agar pengelolaannya menjadi mudah.

Dari gambaran singkat di atas, database dapat diartikan sebagai sejumlah kumpulan data yang diorganisir dengan baik sehingga memudahkan user dalam penggunaan data tersebut baik pada waktu sekarang maupun pada waktu yang akan datang.
Chang Min Web Developer

Semoga apa yang Saya postingkan dapat bermanfaat bagi yang sedang membaca, kritik, saran atau komentar dapat disampaikan pada komen dibawah ini, Terimas kasih banyak

No comments:

Post a Comment