CARA MIGRASI DATABASE SQL SERVER KE VERSI SQL SERVER YANG TIDAK MENDUKUNG



Hallo Guys udah lama tidak post mengenai programing, Kali ini saya akan membahas mengenai cara migrasi atau copy database SQL Server ke versi SQL Server yang tidak mendukung.

Kalian sering mengalami kesulitan ketika ingin memindahkan database versi baru ke database versi lama. Kenapa masih ada orang yang memakai SQL Server versi lama? Banyak alasannya salah satunya sistem yang dirancang tidak mendukung terhadap SQL Server yang baru ataupun versi SQL Server dia sudah ketinggalan jauh seperti contoh dia masih memakai SQL Server 2000 dan mau dipindahkan ke SQL Server 2014. Nah bagaimana solusinya jika kita terkenak masalah seperti ini? Kali ini saya akan memberitahukan caranya dengan menggunakan SQL Server 2014, Kita mulai saja cara-caranya:


  • Login terlebih dahulu ke database kalian

  • Pilih database yang ingin dicopy atau dipindahkan.

  • Klik kanan pada database tersebut, Pilih Tasks, Pilih Generate Scripts...

  • Tekan Next saja pada tampilan ini

  • Pilih Script entire database and all database objects, maksudnya SQL Server akan memasukkan semua object database tanpa terkecuali. Jika kalian ingin lebih spesifik lagi dalam pembuatan scriptnya, Kalian dapat memilih Select specific database objects.

  • Pada bagian ini, Output Typenya kalian pilih saja Save scripts to a specific location, maksudnya nanti script yang udah dibuat kalian simpan di komputer atau laptop kalian. Terus tekan tombol Advanced.

  • Setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti ini, Ini adalah settingan yang lebih detail lagi mengenai apa saja yang mau kita buatkan scripts. Seperti tanda petak yang sudah saya berikan. Disana ada tertulis Script for Server Version, Maksudnya yaitu script ini untuk SQL Server versi berapa? Jika kalian mau digenerate versi 2005 maka pilih 2005 dan seterusnya. Banyak lagi pengaturan-pengaturannya dan ini sudah saya tandai bagian yang penting-pentingnya. Jika ada yang tidak dimengerti dapat ditanyakan dikolom komentar.

  • Setelah selesai pengaturan Advancednya, Selanjutnya File name, Mau dimanakah hasil dari script ini disimpan. Itu terserah kalian mau letak dimana. Setelah selesai maka tekan Next.

  • Ini adalah Review dari pilihan-pilihan kita. Next saja.

  • Setelah Next maka SQLnya akan membuat scriptnya seperti gambar dibawah ini.

  • Setelah selesai maka tekan finish dan script kalian sudah terbentuk. Kalian tinggal menjalankan scriptnya di tempat Script kalian biasanya buat query dan tekan F5. Maka semua scriptnya akan jalan dan databasemu akan terbentuk.
Sekian saja penjelasan dan tutorial bagaimana memindahkan atau mengcopy database SQL Server dari versi baru ke versi lama. Jika ada yang tidak dimengerti silahkan ditanya dikolom komentar dibawah.

Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat informasi yang Saya berikan. ^^
Chang Min Web Developer

Semoga apa yang Saya postingkan dapat bermanfaat bagi yang sedang membaca, kritik, saran atau komentar dapat disampaikan pada komen dibawah ini, Terimas kasih banyak

No comments:

Post a Comment