ORACLE FORM SET_ITEM_PROPERTY DAN SET_BLOCK_PROPERTY


Hallo Gan, kali ini Saya mau berbagi ilmu mengenai Oracle Forms, mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu Oracle Forms, Oracle Forms adalah produk perangkat lunak untuk menciptakan layar yang berinteraksi dengan database Oracle. Ini memiliki IDE termasuk objek navigator, lembar properti dan editor kode yang menggunakan PL/SQL. Ini pada awalnya dikembangkan untuk menjalankan server-side dalam sesi terminal modus karakter. Ini adalah porting ke platform lainnya, termasuk Windows, berfungsi dalam lingkungan Client-Server. Kemudian versi yang porting ke Java dimana ia berjalan dalam wadah Java EE dan dapat berinteraksi dengan Java dan Layanan Web. Itulah sekilas mengenai Oracle Forms.

Ada 2 source code yang akan Saya bagi yaitu SET_ITEM_PROPERTY dan SET_BLOCK_PROPERTY 

1. SET_ITEM_PROPERTY

Fungsi dari SET_ITEM_PROPERTY yaitu untuk mengatur property dari sebuah item yang ada di Oracle Form, cara pemakaiannya yaitu :

SET_ITEM_PROPERTY(<block_name>.<list_item_name>',<property>,property_true / property_false);

Contoh :
SET_ITEM_PROPERTY('MIS.NAMA_PELANGGAN',ENABLED,PROPERTY_FALSE);

Hasil :
objek NAMA_PELANGGAN yang ada di data block MIS akan terkunci.

2. SET_BLOCK_PROPERTY

Fungsi dari SET_BLOCK_PROPERTY yaitu untuk mengatur property dari sebuah data block yang ada di oracle form, cara pemakaiannya yaitu :

SET_BLOCK_PROPERTY('<block_name>',<property>,property_true / property_false);

Contoh :
SET_BLOCK_PROPERTY('MIS', INSERT_ALLOWED, PROPERTY_FALSE);

Hasil :
Data block MIST tidak diizinkan untuk menambah data baru.

Begitualh penjelasan mengenai SET_ITEM_PROPERTY dan SET_BLOCK_PROPERTY, semoga apa yang Saya sharing kan disini dapat membantu pekerjaan Gan semua. Jika ada yang tidak dimengerti, silahkan komen dibawah.

Terima kasih sudah membaca isi ini.
Chang Min Web Developer

Semoga apa yang Saya postingkan dapat bermanfaat bagi yang sedang membaca, kritik, saran atau komentar dapat disampaikan pada komen dibawah ini, Terimas kasih banyak

No comments:

Post a Comment