Mengambil Semua Nama Database Dari VB.NET


ini sourcecode untuk memunculkan semua nama database :


mQuery = "SELECT * FROM sys.DATABASES WHERE DATABASE_ID > 4"
oCm = New SqlCommand(mQuery, oCn)
oDa = New SqlDataAdapter(oCm)
oDt = New DataTable
oDa.Fill(oDt)
cobDATABASE_NEW.Properties.Items.Clear()
For Each dr As DataRow In oDt.Rows
             cobDATABASE_NEW.Properties.Items.Add(dr("NAME"))
Next





Keterangan :
query yang dijalankan itu adalah cara untuk mengambil nama-nama database yang ada di sql server anda, disini saya menggunakan SQL SERVER 2005, saya belum pernah mencoba ke SQL SERVER lainnya.

Disana saya menggunakan pemeriksaan dimana hanya database_id diatas 4 yang muncul, itu dikarenakan :
  • ID = 1 > master
  • ID = 2 > tempdb
  • ID = 3 > model
  • ID = 4 > msdb
Setelah menjalankan query tersebut, saya melakukan perulangan pada tempat penampungan yang saya letakkan disebuah datatable, penggunaan datatable adalah kesukaanku hehehe.. :D

Inilah cara mengambil nama database.... 
SEMOGA BERMANFAAT :)
Chang Min Web Developer

Semoga apa yang Saya postingkan dapat bermanfaat bagi yang sedang membaca, kritik, saran atau komentar dapat disampaikan pada komen dibawah ini, Terimas kasih banyak

No comments:

Post a Comment